Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, diambil 2 kelas sebagai sampel, satu kelas eksperimen dengan diberi perlakuan pendekatan PMRI dan satu kelas kontrol dengan diberi perlakuan pembelajaran langsung. Uji analisis data pretest dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal kedua kelas. Uji kemampuan awal dilakukan dengan asumsi kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Uji normalitas nilai pretest menggunakan bantuan software SPSS 16.0. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai sig.= 0,111 > 0,05 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai sig. = 0,146 > 0,05, sehingga nilai pretest kedua kelas berdistribusi normal. Dalam uji homogenitas diperoleh nilai sig. 0,607 > 0,05 sehingga variansi kedua kelas homogen. Uji beda rata-rata menunjukkan nilai thitung = 2,277 > ttabel = 2,002, artinya kedua kelas mempunyai nilai rata-rata pretest yang berbeda atau kondisi awal kedua kelas tidak setimbang, sehingga uji efektivitas menggunakan perbedaan nilai pretest dan posttest dari kedua kelas. Posttest dilakukan setelah kedua kelas diberikan perlakuan. Hasil uji normalitas nilai posttest kelas eksperimen diperoleh nilai sig. 0,128 > 0,05 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai sig. 0,134 > 0,05, sehingga nilai posttest kedua kelas berdistribusi normal. Uji homogenitas nilai posttest diperoleh nilai sig. 0,391 > 0,05, sehingga variansi kedua kelas homogen. (1) Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 87,67 dengan thitung = -8,750 < - ttabel = -1,699, artinya pendekatan PMRI efektif. (2) Nilai rata-rata posttest kelas kontrol 74,37 dengan thitung = -4,693 < - ttabel = -1,701, artinya pembelajaran langsung efektif. (3) Hasil uji analisis menyimpulkan bahwa pendekatan PMRI lebih efektif dibandingkan pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dengan nilai thitung = 2,403 > ttabel = 1,672.