Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara layanan bimbingan konseling belajar dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Pajangan, Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Pajangan, Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 sebesar 185 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 46 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara layanan BK belajar dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Pajangan, Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan mengetahui harga rhitung sebesar 0,528 dan p = 0,000 < 0,05. Dengan demikian semakin baik dan efektif pemberian layanan BK belajar kepada siswa maka semakin tinggi motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang pemberian layanan BK belajar maka semakin rendah motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu menjalankan program maupun layanan BK belajar dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Peran penting layanan BK belajar dalam upaya mewujudkan semangat dan motivasi belajar siswa yang tinggi.