UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD 2 PATALAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: Apriatun, 12144600083
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/905/1/DOKUMEN%201.pdf
http://repository.upy.ac.id/905/2/DOKUMEN%20BAB%20II.pdf
http://repository.upy.ac.id/905/3/DOKUMEN%20BAB%20III.pdf
http://repository.upy.ac.id/905/4/DOKUMEN%20BAB%20IV.pdf
http://repository.upy.ac.id/905/5/DOKUMEN%20BAB%20V.pdf
http://repository.upy.ac.id/905/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 2 Patalan yang berjumlah 16 siswa dengan siswa laki-laki sebanyak 12 dan perempuan sebanyak 4 siswa. Obyek penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran cooperative learning tipe NumberedHeads Together (NHT). Prosedurpenelitian yang dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulandata pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan rumus rata-rata dan persentase ketuntasan siswa yang diperoleh melalui tes pada tiap siklus, Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 75% siswa sudah mencapai nilai KKM sebesar 75. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPS melalui model model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered HeadsTogether (NHT). Diketahui bahwa nilai pra siklus diperoleh persentase ketuntasan 31% dengan nilai rata-rata 64,06. Siklus I persentase ketuntasan 43,75% dengan nilai rata-rata siswa 67,5 dan siklus II persentase ketuntasan mencapai 81,25% dengan nilai rata-rata siswa 81,15.