PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAJANGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP N 1 Pajangan Bantul tahun ajaran 2015/ 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Pajangan Bantul tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 150 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 75 anak dengan menggunakan teknik quota random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis stastistik rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif bimbingan kelompok terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP N 1 Pajangan Bantul tahun ajaran 2015/ 2016 dengan diketahui nilai rhitung sebesar 0,627 dengan p = 0,000 lebih kecil dari = 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian semakin baik pelaksanaan bimbingan kelompok maka semakin tinggi komunikasi interpersonal siswa, sebaliknya semakin kurang pelaksanaan bimbingan kelompok maka semakin kurang komunikasi interpersonal siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan bimbingan kelompok yang efektif akan mengembangkan kemampuan dan potensi diri siswa sehingga dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Diharapkan sekolah dan guru BK mampu mengembangkan pelaksanaan bimbingan kelompok melalui kegiatan yang mendukung peningkatan komunikasi interpersonal siswa.