PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: ANINDA SANDHI PUTRI, 12144200021
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/882/1/BAB%20I.pdf
http://repository.upy.ac.id/882/2/BAB%20II.pdf
http://repository.upy.ac.id/882/3/BAB%20III.pdf
http://repository.upy.ac.id/882/4/BAB%20IV.pdf
http://repository.upy.ac.id/882/5/BAB%20V.pdf
http://repository.upy.ac.id/882/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar pada siswa, (2) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) pengaruh konsep diri dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 208 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota random sampling sejumlah 66 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan dokumentasi dan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada pengaruh positif antara konsep diri terhadap prestasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan nilai rx1y = 0,592 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik konsep diri, maka prestasi belajar siswa akan semakin baik, (2) Ada pengaruh positif antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan nilai rx2y = 0,518 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik kedisiplinan belajar maka semakin baik prestasi belajar pada siswa, (3) Ada pengaruh yang positif konsep diri dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan nilai Fhitung = 21,485 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik konsep diri dan semakin tinggi kedisiplinan belajar siswa maka semakin baik pula prestasi belajar siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah bahwa layanan bimbingan konseling terutama bimbingan pribadi yang baik pada siswa mempunyai peran penting bagi pemahaman konsep diri dan peningkatan kedisiplinan belajar pada siswa. Sekolah memiliki peran penting melalui kegiatan yang mendukung terlaksananya layanan bimbingan konseling yang efektif sehingga diperoleh prestasi belajar siswa yang baik pada siswa.