HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN KONSEP DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KASIHAN TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan bimbingan sosial dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa, (2) hubungan Konsep diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa, (3) hubungan antara layanan bimbingan sosial dan konsep diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kasihan Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kasihan Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 132 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik quota random sampling sejumlah 66 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik dengan rumus analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan yang positif antara layanan bimbingan sosial dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,385 dengan p = 0,002 < 0,05, yang berarti semakin baik dan efektif pelaksanaan layanan bimbingan sosial terhadap siswa, maka kemampuan komunikasi interpersonal pada siswa akan semakin baik, (2) Ada hubungan yang positif antara konsep diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,377 dengan p = 0,002 < 0,05, yang berarti semakin baik konsep diri pada siswa maka semakin baik kemampuan komunikasi interpersonal pada siswa, (3) Ada hubungan yang positif antara layanan bimbingan sosial dan konsep diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 7,759 dengan (p) 0,001 < 0,05, yang artinya semakin baik pelaksanaan layanan bimbingan sosial pada siswa dan semakin baik konsep diri siswa maka semakin baik pula kemampuan komunikasi interpersonal pada siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah bahwa layanan bimbingan sosial dan konsep diri pada siswa adalah penting artinya bagi pembentukan dan peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal pada siswa. Sekolah memiliki peran penting dalam pelaksanaan layanan bimbingan sosial secara efisien dan pemahaman tentang konsep diri sehingga dapat meningkatkan pembentukan kemampuan komunikasi interpersonal yang positif pada siswa.