Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi pembelajaran IPS menggunakan media gambar berbasis audiovisual pada siswa kelas IV SD Negeri Panembahan Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Panembahan Yogyakarta dengan subyek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Adapun proses penelitian dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumen. Analisis data menggunakan rata-rata dan persentase ketuntasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa. Pada prasiklus rata-rata prestasi belajar siswa 62 dengan ketuntasan 36% meningkat pada siklus I menjadi rata-rata belajar siswa 66,80 dengan ketuntasan 56% dan meningkat pada siklus II rata-rata belajar siswa 80,2 dengan ketuntasan 92%.