PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: SITI NURHANDAYANI, 12144200176
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/862/1/BAB%20I.pdf
http://repository.upy.ac.id/862/2/BAB%20II.pdf
http://repository.upy.ac.id/862/3/BAB%20III.pdf
http://repository.upy.ac.id/862/4/BAB%20IV.pdf
http://repository.upy.ac.id/862/5/BAB%20V.pdf
http://repository.upy.ac.id/862/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) pengaruh yang positif pola asuh orang tua dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 136 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota cluster random sampling sejumlah 68 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan dokumentasi dan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada pengaruh positif antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan nilai rx1y = 0,538 atau R2 = 28,9% dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik pola asuh orang tua, maka hasil belajar siswa akan semakin baik, (2) Ada pengaruh positif antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan nilai rx2y = 0,529 atau R2 = 27,9% dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik disiplin belajar maka semakin baik hasil belajar pada siswa, (3) Ada pengaruh yang positif pola asuh orang tua dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan nilai Fhitung = 16,475 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik pola asuh orang tua dan semakin tinggi disiplin belajar siswa maka semakin baik pula hasil belajar siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah bahwa layanan bimbingan konseling yang baik pada siswa mempunyai peran penting bagi pemahaman pola asuh orang tua dan peningkatan disiplin belajar pada siswa. Sekolah memiliki peran penting melalui kegiatan yang mendukung terlaksananya layanan bimbingan konseling yang efektif sehingga diperoleh hasil belajar siswa yang baik pada siswa.