UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV SD NGASINAN IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA

Main Author: NERIKKA LUTVITA SARI, 09144620034
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/784/3/DOKUMEN%20BAB%20I.PDF
http://repository.upy.ac.id/784/1/DOKUMEN%20BAB%20II.pdf
http://repository.upy.ac.id/784/2/DOKUMEN%20BAB%20III.pdf
http://repository.upy.ac.id/784/4/DOKUMEN%20BAB%20IV.pdf
http://repository.upy.ac.id/784/5/DOKUMEN%20BAB%20V.PDF
http://repository.upy.ac.id/784/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik pada siswa kelas IV SD Ngasinan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model spiral dari Kemmis & Mc. Taggart melalui tahap yaitu perencanan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dengan subyek penelitian siswa kelas IV berjumlah 22 siswa.penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi, pedoman wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan Pendekatan Matematika Realistik pada materi bangun ruang sederhana yaitu : (1)dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Ngasinan Imogiri: karena siswa dapat memahami materi dengan baik sebab konsep yang dipelajari ditemukan sendiri oleh siswa dengan bantuan orang lain, siswa dapat mengungkapkan ide dan pendapat dengan lebih aktif dan siswa dapat bekerjasama dengan teman dalam menyelesaikan tugas kelompok, (2) Persentase aktivitas siswa meningkat pada siklus I sebesar 64,41% dan pada siklus II sebesar 81,05%. (3)Presentase aktivitas guru meningkat pada siklus I sebesar 90,79% dan pada siklus II meningkat menjadii 94,74 %. Dari hasil rata-rata nilai siswa juga mengalami peningkatan, pada saat sebelum diberi tindakan nilai rata-rata siswa 56,59 dengan ketuntasan belajar 22,73% Setelah diberi tindakan, rata-rata nilai siswa pada siklus I sebesar 69,04 dengan ketuntasan belajar 54,55 % dan pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 80,18 dengan ketuntsan belajar 81,82 %.