PENINGKATAN MOTIVASI , MINAT, DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SDN SAWUNGGALING KUTOARJO PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | TITIK HARIYANI, 13255140015 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/778/1/DOKUMEN%201.pdf http://repository.upy.ac.id/778/2/DOKUMEN%20BAB%20II.pdf http://repository.upy.ac.id/778/3/DOKUMEN%20BAB%20III.pdf http://repository.upy.ac.id/778/4/DOKUMEN%20BAB%20IV.pdf http://repository.upy.ac.id/778/5/DOKUMEN%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA%20DAN%20LAMPIRAN.pdf http://repository.upy.ac.id/778/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peningkatan motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Sawunggaling Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan Penggunaan media gambar dalam Pembelajaran IPS. 2) peningkatan minat belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Sawunggaling Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan Penggunaan media gambar dalam Pembelajaran IPS. 3) peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Sawunggaling Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan Penggunaan media gambar dalam Pembelajaran IPS Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sawunggaling yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peningkatan Minat Belajar Siswa dengan menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SDN Sawunggaling Kutoarjo Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan minat belajar siswa pada pra siklus siswa yang mencapai minat belajar berkategori tinggi adalah 50% setelah adanya tindakan meningkat pada siklus I 65%, pada siklus II meningkat menjadi 90%. 2) peningkatan motivasi belajar IPS dengan menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SDN Sawunggaling Kutoarjo Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang berkategori tinggi 60% meningkat pada siklus I 70% dan pada siklus II 85%, 3) peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SDN Sawunggaling Kutoarjo Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016, pada pra siklus siswa yang mencapai nilai KKM 55%, setelah menggunakan media gambar meningkat pada siklus I 65% dan pada siklus II 90%. Dengan demikian dengan penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya siswa kelas IV SDN Sawunggaling Kutoarjo Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016.