Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh kebugaran jasmani terhadap prestasi belajar Penjasorkes siswa kelas tinggi SD I Donotirto Kretek Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016, (2) pengaruh interaksi sosial terhadap prestasi belajar Penjasorkes siswa kelas tinggi SD I Donotirto Kretek Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016, (3) Pengaruh kebugaran jasmani dan interaksi sosial secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Penjasorkes siswa kelas tinggi SD I Donotirto Kretek Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data yang bersifat ex post facto. Subjek Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI SD I Donotirto Kretek Bantul tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test kesegaran jasmani untuk usia 10-12 tahun, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Ganda. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa mayoritas siswa memiliki kebugaran jasmani dalam klasifikasi kurang sebanyak 57,5%, mayoritas siswa memiliki tingkat interaksi sosial dengan kategori baik sebanyak 82,5%. Hasil pengujian regresi mendapatkan ; β = 0.395, thitung = 9.067 dengan p ≤ 0.05 (signifikan) pada variabel kebugaran jasmani. Mendapatkan koefesien β = 0.090, thitung = 3.7952 dengan p ≤ 0.05 (signifikan) pada variabel interaksi sosial siswa. Mendapatkan koefesien determinasi R = 0.580, Fhitung = 50.076 dengan p ≤ 0.05 (signifikan). Berdasarkan hasil ini disimpulkan bahwa, kebugaran jasmani dan interaksi sosial siswa secara parsial maupun bersama berpengaruh terhadap prestasi belajar Penjasorkes siswa kelas tinggi SD I Donotirto Kretek Bantul tahun pelajaran 2015/2016. Semakin tinggi kebugaran jasmani dan interaksi sosial siswa maka semakin tinggi Prestasi belajar penjasorkes.