Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Layanan Bimbingan Pribadi Dengan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII Di SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP PGRI Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proporsional sampling, yaitu masing-masing kelas diambil 50% sehinggan jumlah sampel sebanyak 80 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif signifikan antara layanan bimbingan pribadi dengan kedisiplinan siswa kelas VIII SMP PGRI Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 dengan mengetahui 0.741 > tingkat signifikansi 5% r tabel = 0,220. Dengan demikian semakin baik layanan bimbingan pribadi bagi siswa maka semakin baik pula pembentukan kedisiplinan siswa, sebaliknya semakin rendah layanan bimbingan pribadi yang diberikan maka semakin rendah pula kedisiplinan siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa layanan bimbingan konseling yang diterapkan di sekolah masih perlu ditingkatkan melalui peningkatan komunikasi antara guru dan siswa serta memberikan arahan yang lebih positif kepada siswa dengan sabar dan kasih sayang, kedisiplinan masih perlu ditingkatkan dengan memberikan pemahaman akan pentingnya kedisiplinan yang diberikan oleh guru di sekolah, peningkatan kedisiplinan dapat dilakukan dengan cara peningkatan layanan bimbingan konseling. Oleh karena perangkat sekolah hendaknya lebih aktif dalam memberikan dukungan dalam belajar siswa, dengan didukung adanya perhatian, motivasi, bimbingan dan peran dari berbagai pihak baik di sekolah maupun di rumah.