PENGARUH MOTIVASI, KREATIVITAS, DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD SE UPT PPD KECAMATAN PIYUNGAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, kreativitas, dan kinerja guru terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VI SD se UPT PPD Kecamatan Piyungan Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015, baik secara sendirisendiri maupun bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD se UPT PPD Kecamatan Piyungan Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 709, diambil sampel berdasar tabel Nomogram Herry King sebanyak 231 siswa dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket/kuisioner dan dokumentasi. Variabel yang diteliti yaitu motivasi (X1), kreativitas (X2), dan kinerja guru (X3) sebagai variabel bebas serta prestasi belajar IPS (Y) sebagai variabel terikat. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi dan uji regresi linier ganda dengan taraf signifikansi untuk uji hipotesis adalah 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif motivasi, kreativitas, dan kinerja guru terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VI SD se UPT PPD Kecamatan Piyungan Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap prestasi belajar IPS dengan nilai t hitung sebesar 6,456 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, (2) ada pengaruh positif dan signifikan kreativitas terhadap prestasi belajar IPS nilai t hitung sebesar 4,771 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, (3) ada pengaruh positif dan signifikan kinerja guru terhadap prestasi belajar nilai t hitung sebesar 4,375 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 siswa, dan (4) ada pengaruh positif dan signifikan motivasi, kreativitas, dan kinerja guru terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VI SD se UPT PPD Kecamatan Piyungan Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015 secara bersama-sama dengan nilai F hitung sebesar 57,029 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Besar pengaruh secara bersama-sama sebesar 43% dan sisanya 57% variabel prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.