UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGEMPLAK 2 SLEMAN
Main Author: | Joko Windarto, 10144600012 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/712/1/Dokumen%20Bab%20I.PDF http://repository.upy.ac.id/712/2/Dokumen%20BAB%20II.pdf http://repository.upy.ac.id/712/3/Dokumen%20BAB%20III.pdf http://repository.upy.ac.id/712/4/Dokumen%20BAB%20IV.pdf http://repository.upy.ac.id/712/5/Dokumen%20BAB%20V.PDF http://repository.upy.ac.id/712/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan metode simulasi pada siswa kelas V SD Negeri Ngemplak 2 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Ngemplak 2 Sleman Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart, tahapannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes prestasi belajar, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan dapat ditingkatkan melalui metode simulasi, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata prestasi belajar sebelum dilakukan penelitian yaitu 70,27 dengan presentase ketuntasan belajar 42,40%, kemudian dilakukan tindakan siklus I rata-rata prestasi belajar meningkat menjadi 75,23 dengan presentase ketuntasan belajar 60,60%, dan setelah dilakukan tindakan siklus II rata-rata prestasi belajar lebih meningkat menjadi 80,23 dengan presentase ketuntasan belajar 81,80%.