UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN GUIDED INQUIRY SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 2 PURWOSARI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui Model Guided Inquiry kelas VIIB SMP Negeri 2 Purwosari Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian dilakukan di kelas VIIB SMP Negeri 2 Purwosari yang berjumlah 26 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif antara guru matematika kelas VIIB SMP Negeri 2 Purwosari dan peneliti ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 pertemuan. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran,catatan lapangan, dokumentasi dan tes prestasi. Teknis analisis adalah deskritif kuantitatif dengan rata-rata dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Guided Inquiry dapat meningkatkan: (1) prestasi rata-rata siswa sebelum pembelajaran adalah 56,92 dengan ketuntasan 38,46% dengan kategori kurang dan setelah dilaksanakan pembelajaran meningkat menjadi 70,73 dengan ketuntasan mencapai 73,07% dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 83,76 dengan ketuntasan mencapai 92,30 % dengan kategori tinggi; (2) keterlaksanaan pembelajaran Model Guieded Inquiry pada sikulus I sebesar 65% dengan kategori cukup meningkat menjadi 85% dengan kategori tingg pada siklus II. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini dengan Model Guided Inquiry dapat meningkatkan Prestasi Belajar matematika kelas VIIB SMP Negeri 2 Purwosari.