UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VIIIG SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahamaan konsep matematika pada pokok bahasan relasi dan fungsi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIG SMP Negeri 16 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 dan objek penelitian adalah pemahaman konsep matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari empat kali pertemuan dan siklus II terdiri dari empat kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Dalam masing-masing siklus ada empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik triangulasi dan reduksi data, baik deskripsi kualitatif maupun diskripsi kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan pemahaman konsep dengan memecahkan masalah, memahami suatu materi secara berkelompok dan saling membantu antara satu dengan yang lainnya, membuat kesimpulan (diskusi) serta mempresentasikan di depan kelas sebagai salah satu langkah evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil keterlaksanaan pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II dengan persentase 90% pada siklus I meningkat menjadi 93,33% pada siklus II Pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIIIG SMP Negeri 16 Yogyakarta dari 69,07 (cukup paham) pada siklus I menjadi 90,20 (paham) pada siklus II.