UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) SISWA KELAS VIII F SMP N 1 TEMPEL
Main Author: | Arif Manto, 11144100089 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/641/1/Dokumen%201%2C%20hlm%20smpl-BAB%20I.pdf http://repository.upy.ac.id/641/2/Dokumen%20BAB%20II.pdf http://repository.upy.ac.id/641/3/Dokumen%20BAB%20III.pdf http://repository.upy.ac.id/641/4/Dokumen%20BAB%20IV.pdf http://repository.upy.ac.id/641/5/Dokumen%20BAB%20V-lampiran.pdf http://repository.upy.ac.id/641/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi relasi dan fungsi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan desain penelitian Kemmis dan Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, catatan lapangan dan dokumentasi.Teknik analisis data dengan menelaah seluruh data baik data menggunakan deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tempel pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII F. Obyek penelitian adalah minat dan prestasi siswa pada pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VIII F melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari: (1) rata-rata minat siswa pada pra siklus 55,61% kategori rendah, pada siklus I menjadi 68,03%kategori tinggi, dan pada siklus II meningkat menjadi 75,13% kategori tinggi; (2) nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada pra siklus 47,45%, pada siklus I menjadi 56,25%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,80%.