Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament bagi siswa kelas VIII A SMP N 2 Sanden. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Sanden yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Dalam masing-masing siklus ada tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, catatan lapangan, dokumentasi, dantes.Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket, soaltes, catatan lapangan, pedoman wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi data deskriptif dan analisis data kuantitatif dengan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian tindakan kelas, peningkatan motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran diperoleh 55,10% dengan kategori cukup baik pada siklus 1 dan 80,53% dengan kategori sangat baik pada siklus 2. Prestasi belajar diperoleh nilai rata-rata dasar 46,60 dengan ketuntasan 4% menjadi 66,50 dengan ketuntasan 32,1% pada siklus 1. Pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 82,07dengan ketuntasan 89,2%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika.