Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII E SMP N 2 Pajangan setelah mengikuti kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilaksanakan di SMP N 2 Pajangan pada bulan Januari tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif antara guru dengan peneliti. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E sebanyak 30 siswa dan objek penelitian adalah meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika melalui model Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, terdapat 3 kali pertemuan disetiap siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket minat, tes prestasi belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kuanititatif dengan hitung rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa SMP N 2 Pajangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) telah terlaksana pada siklus I dan siklus II sehingga dapat meningkat. Hal ini terbukti dari: (1) minat belajar pra penelitian dengan kategori tinggi dan sangat tinggi dicapai oleh 9 siswa (30,00%). Setelah dilakukan tindakan siklus I minat siswa meningkat dicapai oleh 17 siswa (56,67%). Pada siklus II minat dicapai oleh 24 siswa (80,00%). (2) Nilai rata-rata prestasi belajar pra penelitian adalah 54.83 (kategori cukup) dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 20,00% mejadi 68,12 (kategori tinggi) dengan tingkat ketuntasan belajar 43,30% pada siklus I, dan meningkat menjadi 77.00 (kategori tinggi) dengan tingkat ketuntasan mencapai 76,67% pada siklus II.