Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VIIA SMP AL Ma’arif Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIIA SMP Al Ma’arif Bantul. obyek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran dan peneliti. Desain penelitan menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart dengan tahapan penelitian yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Hal ini terbukti dari: (1) Nilai rata-rata tes hasil belajar pada saat pra siklus 46,56 (kategori kurang) kemudian pada siklus I meningkat mencapai 72,92 (kategori tinggi), pada siklus II mencapai 84,72 (kategori amat tinggi). Persentase ketuntasan belajar siswa pada tes hasil belajar pra siklus 29,17% pada siklus I mencapai 95,83% dan pada siklus II mencapai100% (2) Pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang dilakukan pada siklus I mencapai 97,22% (kategori baik) dan pada siklus II mencapai 100% (kategori baik).