Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasdengan desain penelitian mengikuti model Kemmis dan Taggart yang meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Godean dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa dan objek penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pokok bahasan SPLDV. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, angket motivasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisa hasil observasi, analisa angket, dan analisa tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan peningkatan motivasi dan hasil belajar yang dilakukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan langkah-langkah pembelajaran yang meliputi persiapan, penomoran, diskusi masalah, presentasi dan penarikan kesimpulan dengan presentase keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 63,15% (kategori baik) dan pada siklus II sebesar 81,57% (kategori baik sekali) sehingga dapat meningkatkan (1) motivasi belajar siswa meningkat dari persentase motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 69,57% (kategori baik) pada siklus II sebesar 81,67% (kategori baik sekali); (2) hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata nilai pra tindakan sebesar 62,78 dengan ketuntasan 28,12% (kategori gagal) , meningkat pada siklus I sebesar 70,59 dengan ketuntasan 50% (kategori kurang) dan pada siklus II meningkat sebesar 80,12 dengan ketuntasan 84,37% (kategori baik sekali); (3)