Daftar Isi:
  • terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Lokasi/tempat yang digunakan sebagai tempat penelitian SMP Negeri 6 Klaten, yang terletak di Desa Sekarsuli, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten. Penelitian dilakukan selama 4 bulan yaitu di bulan Nopember 2015 sampai dengan Februari 2016. Sampel berjumlah 78 orang siswa yang diambil secara acak dari 9 kelas yang ada yaitu kelas VIII(A) s.d. VIII(I). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product mement dari Suharsimi Arikunto. Penelitian ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Ada pengaruh positif dari kinerja guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini terlihat dari hasil penghitungan yang menunjukkan bahwa r hitung adalah 0,761 dan bernilai positif, dan r tabel product moment dengan N adalah 78 adalah 0,223. Berarti r hitung lebih besar daripada r tabel (0,761 > 0,223).