PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI UNTUK SISWA SD
Main Author: | TEGUH WIBOWO, 08144600117 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/551/1/Dokumen%201_hlm.%20Sampul%2C%20Abstrak%2C%20Persetujuan...pdf http://repository.upy.ac.id/551/2/Dokumen%20BAB%20II.pdf http://repository.upy.ac.id/551/3/Dokumen%20BAB%20III.pdf http://repository.upy.ac.id/551/4/Dokumen%20BAB%20IV.pdf http://repository.upy.ac.id/551/5/Dokumen%20BAB%20V%20dan%20Daftar%20Pustaka%20%2B%20Lampiran%20Penting.pdf http://repository.upy.ac.id/551/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan geometri dan mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan geometri. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yaitu: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Sumber data terdiri dari pendidikSD kelas V. Subjek penelitian terdiriatas 3 orang pendidik SD kelas V diantaranya SD M Karangbendo, SD 1 Jambidan, dan SD 2 Jambidan, 22 orang peserta didik kelas ujicoba di SD M Karangbendo, dan 31 orang peserta didik kelas penelitian SD 1 Jambidan dan 34 orang peserta didik kelas penelitian SD 2 Jambidan. Data tentang kualitas produk dikumpulkan melalui lembar evaluasi media pembelajaran oleh pendidik, lembar evaluasi media pembelajaran oleh peserta didik, dan angket respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian menujukan bahwa evaluasi media oleh ahli media bernilai 3.68 dengan kategori sangat baik, serta ahli materi dan pembelajaran bernila i2,66 dengan kategori baik, evaluasi media oleh pendidik SD kelas V bernilai 2,91 dengan kategori baik. Respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran pada kelas uji coba yaitu 3,05 dan respon di kelas penelitian yaitu 3,11 dengan kategori baik.