UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 PANJATAN

Main Author: NOVIK SETYAWAN, 11144100101
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/541/1/BAB%201%2C%20hal%20pengesahan.pdf
http://repository.upy.ac.id/541/2/BAB%20II.pdf
http://repository.upy.ac.id/541/3/BAB%20III.pdf
http://repository.upy.ac.id/541/4/BAB%20IV.pdf
http://repository.upy.ac.id/541/5/BAB%20V-LAMPIRAN.pdf
http://repository.upy.ac.id/541/
ctrlnum 541
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upy.ac.id/541/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VII D&#xD; SMP NEGERI 1 PANJATAN</title><creator>NOVIK SETYAWAN, 11144100101</creator><subject>Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar</subject><subject>Matematika</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan desain penelitian Kemmis dan Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket minat, tes tertulis, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik diskriptif kualitatif dan teknik diskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Panjatan. Obyek penelitian adalah minat dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VIID dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari: (1) rata-rata minat siswa siklus I 76,88% kategori tinggi dan pada siklus II meningkat menjadi 83,05% kategori sangat tinggi; (2) nilai rata-rata prestasi belajar siswa saat pra tindakan 67,25 dengan persentase ketuntasan 21,88%, pada siklus I meningkat menjadi 73,34 dengan persentase ketuntasan 53,13% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,03 dengan persentase ketuntasan 90,63%.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upy.ac.id/541/1/BAB%201%2C%20hal%20pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upy.ac.id/541/2/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upy.ac.id/541/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upy.ac.id/541/4/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upy.ac.id/541/5/BAB%20V-LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> NOVIK SETYAWAN, 11144100101 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 PANJATAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta. </identifier><recordID>541</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NOVIK SETYAWAN, 11144100101
title UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 PANJATAN
publishDate 2016
isbn 11144100101
topic Metode belajar mengajar
Kegiatan belajar mengajar
Matematika
url http://repository.upy.ac.id/541/1/BAB%201%2C%20hal%20pengesahan.pdf
http://repository.upy.ac.id/541/2/BAB%20II.pdf
http://repository.upy.ac.id/541/3/BAB%20III.pdf
http://repository.upy.ac.id/541/4/BAB%20IV.pdf
http://repository.upy.ac.id/541/5/BAB%20V-LAMPIRAN.pdf
http://repository.upy.ac.id/541/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan desain penelitian Kemmis dan Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket minat, tes tertulis, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik diskriptif kualitatif dan teknik diskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Panjatan. Obyek penelitian adalah minat dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VIID dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari: (1) rata-rata minat siswa siklus I 76,88% kategori tinggi dan pada siklus II meningkat menjadi 83,05% kategori sangat tinggi; (2) nilai rata-rata prestasi belajar siswa saat pra tindakan 67,25 dengan persentase ketuntasan 21,88%, pada siklus I meningkat menjadi 73,34 dengan persentase ketuntasan 53,13% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,03 dengan persentase ketuntasan 90,63%.
id IOS6762.541
institution Universitas PGRI Yogyakarta
institution_id 183
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas PGRI Yogyakarta
library_id 588
collection Universitas PGRI Yogyakarta
repository_id 6762
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6762
first_indexed 2020-03-18T12:50:54Z
last_indexed 2020-03-18T12:50:54Z
recordtype dc
_version_ 1678961304896798720
score 17.538404