Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi aritmatika sosial dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tempel pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII B. Obyek penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan desain penelitian Kemmis dan Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menelaah seluruh data baik data menggunakan deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VII B melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari: (1) rata-rata keaktifan siswa siklus I 72,03 dan pada siklus II meningkat menjadi 81,40; (2) nilai rata-rata hasil belajar siswa saat pra tindakan sebesar 59,23, pada siklus I meningkat menjadi 65,90 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,46.