Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung pada bilangan bulat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Srandakan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Srandakan pada bulan November-Desember 2015. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 4 tahapan yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting), dan dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Srandakan tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, kuis, tes prestasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data dengan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Srandakan dapat disimpulkan bahwa: (1) rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus 1 adalah 75% (kriteria tinggi) meningkat menjadi 95% (kriteria sangat tinggi) pada siklus II. (2) hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata nilai prestasi siswa pra tindakan sebesar 54,78 (kriteria rendah) dengan ketuntasan mencapai 0% menjadi 78,125 (kriteria tinggi) dengan ketuntasan 65,625% pada siklus I dan 83,75 (kriteria sangat tinggi) dengan ketuntasan belajar 90,625% pada siklus II.