PENGARUH LAYANAN INFORMASI BIDANG BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MLATI SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/ 2015
Main Author: | Fitri Dwi Anjayani, 10144200243 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/515/1/Dokumen%201_%20hlm%2C%20sampul%2C%20abstrak%2C%20Persetujuan....BAB%20I.pdf http://repository.upy.ac.id/515/2/Dokumen%20BAB%20II.pdf http://repository.upy.ac.id/515/3/Dokumen%20BAB%20III.pdf http://repository.upy.ac.id/515/4/Dokumen%20BAB%20IV.pdf http://repository.upy.ac.id/515/5/Dokumen%20BAB%20V%20dan%20Daftar%20Pustaka%20%2BLampiran.pdf http://repository.upy.ac.id/515/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi bidang belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mlati Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mlati Sleman Tahun Ajaran 2014/2015 sebesar 126 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 32 siswa dengan menggunakan teknik quota propotional random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisa data digunakan dengan analisis statistik dengan rumus Uji-t dan taraf signifikan yang digunakan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif layanan informasi bidang belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Mlati Sleman tahun ajaran 2014/2015 dengan mengetahui harga thitung sebesar 4,037 lebih besar dari ttabel1,670 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian pelaksanaan layanan informasi bidang belajar terhadap siswa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Semakin efektif pelaksanaan layanan informasi bidang belajar diberikan terhadap siswa maka akan semakin meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebaliknya siswa sebelum diberikan layanan informasi bidang belajar mempunyai motivasi belajar yang lebih rendah. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu menjalankan program maupun layanannya dengan berbagai upaya dalam rangka meningkatan pemahaman dan wawasan siswa tentang aspek-aspek dan faktor dalam proses belajar siswa. Peran penting guru dan sekolah dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan konseling dapat memberikan dukungan siswa dalam meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa yang lebih baik.