Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar kelompok terhadap motivasi belajar belajar siswa kelas VIII SMP PGRI Kasihan Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI Kasihan Tahun Ajaran 2015/2016 sebesar 120 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 60 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan bimbingan belajar kelompok terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP PGRI Kasihan Tahun Ajaran 2015/2016 dengan mengetahui harga F = 13,906 dan nilai p = 0,001 < 0,05. Dengan demikian semakin baik pelaksanaan bimbingan belajar kelompok maka semakin tinggi motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang pelaksanaan bimbingan belajar kelompok maka semakin rendah motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu menjalankan program layanan lebih efektif dan efisien dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling sangat membutuhkan pengembangan dalam pelaksanaan layanan yang diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran siswa dan prestasi belajar yang lebih baik.