METODE MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DISLEKSIA DI SEKOLAH DASAR
Main Author: | Mahilda Dea Komalasari, Universitas PGRI Yogyakarta |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/410/1/artikel%20mahilda.pdf http://repository.upy.ac.id/410/ |
Daftar Isi:
- Disleksia merupakan gangguan belajar membaca, sehingga diperlukan penanganan untuk mengatasi permasalahan tersebut mengingat setiap peserta didik memiliki potensi yang sama untuk belajar. Terlebih lagi gangguan disleksia tidak berhubungan dengan kapasitas intelegensi. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah mengetahui pengaruh metode multisensori untuk meningkatkan kemampuan membaca pada peserta didik disleksia. Metode belajar yang dibutuhkan peserta didik disleksia untuk membantu mengatasi kesulitan membaca adalah metode yang dapat memfungsikan seluruh indera untuk mengenal atau mempelajari sesuatu, yaitu metode mutisensori. Dengan metode multisensori, peserta didik belajar dengan memanfaatkan kemampuan memori visual (penglihatan), auditori (pendengaran), kinestetik (gerakan), serta taktil (sentuhan).