UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT)

Main Authors: Triyatno, UPY, John Sabari, UPY
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/390/1/FK44_Triyatno%20FIX%20268-273.pdf
http://repository.upy.ac.id/390/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar IPS kelas VI dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di SD Negeri Tursino Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VI SD Tursino yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, ditunjukkan dengan peningkatan kategori motivasi belajar siswa dari pra siklus sebesar 45,83%, meningkat pada siklus I 70,83% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. 2) dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS, ditunjukkan dengan siswa yang tuntas pada pra siklus 50%, meningkat pada siklus I siswa yang tuntas 66,67%, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%.