UPAYA PENINGKATAN KONSEP DIRI, PERILAKU SISWA, DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN TEKNIK KLARIFIKASI NILAI
Main Authors: | Sumarjo, UPY, Salamah, UPY |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/389/1/FK43_Sumarjo%20FIX%20262-267.pdf http://repository.upy.ac.id/389/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep diri, perilaku dan hasil belajar siswa melalui penerapan teknik klarifikasi nilai dalam pembelajaran IPS di kelas VIII B SMPN 9 Yogyakarta SMPN 9 Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 9 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) melalui penerapan teknik klarifikasi nilai dapat meningkatkan konsep diri siswa terbukti pada pra siklus 50% siswa mempunyai konsep diri positif, meningkat pada siklus I 82,35% dan pada siklus II meningkat menjadi 88.24% siswa mempunyai konsep diri positif dan sangat positif. 2) Melalui penerapan teknik klarifikasi nilai dapat meningkatkan perilaku siswa, terbukti pada pra siklus rerata persentase siswa yang berperilaku baik dan sangat baik pada pra siklus sebesar 48,53% meningkat pada siklus I 63,97% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,24% 3) Melalui penerapan teknik klarifikasi nilai dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIIIB SMPN 9 Yogyakarta, pada pra siklus siswa yang mempunyai predikat baik adalah 29.41%, meningkat pada siklus I menjadi 50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 97.06%.