PENGARUH PERSEPSI TENTANG MOVING CLASS, MOTIVASI BELAJAR DAN PELAYANAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS

Main Authors: Sriyani Indri Astuti, UPY, Salamah, UPY
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/387/1/FK41_Sriyani%20Indri%20FIX%20250-255.pdf
http://repository.upy.ac.id/387/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi moving class, motivasi belajar dan pemberian pelayanan sekolah bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Populasi penelitian ini adalah 326 orang siswa kelas VIII SMPN 8 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Sedangkan sampel penelitian 175 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan quota sample. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Kesimpulan dalam penelitian adalah 1) Ada pengaruh positif dan signifikan persepsi moving class terhadap prestasi belajar IPS dibuktikan dengan nilai thitung = 2.701, p = 0,000. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS dibuktikan dengan nilai thitung = 3.144 , p = 0,002. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan Layanan Sekolah terhadap prestasi belajar IPS dibuktikan dengan nilai thitung = 2.711, p = 0,007 4) Ada pengaruh positif dan signifikan persepsi moving class, motivasi belajar dan layanan sekolah terhadap prestasi belajar IPS dibuktikan nilai Fhitung = 9.212, p = 0,000.