PERAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL DAN KEMANDIRIAN ANAK

Main Author: Dwi Retno Setiati, Pascasarjana UPY
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/349/1/FK27_Dwi%20Retno%20FIX%20169-174.pdf
http://repository.upy.ac.id/349/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendiskripsikan pelaksanaan pendidikan keluarga untuk membentuk sikap sosial dan kemandirian pada anak. 2) mengetahui peran pendidikan keluarga dalam membentuk sikap sosial dan kemandirian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Katerban RT 02/ III Kutoarjo, waktu penelitian pada April 2015 sampai bulan September 2015. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman yang meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pendidikan keluarga dalam membentuk sikap sosial dan kemandirian anak di RT 02 RW III adalah dengan pembiasaan, memberikan contoh dan pengajaran langsung kepada anak. Adapun pelaksanaan pendidikan di Kelurahan Katerban dilakukan dengan: a) Pendidikan keluarga di kelurahan Katerban RT 02 RW III dapat membentuk sikap sosial b) Pendidikan keluarga di kelurahan Katerban RT 02 RW III dapat membentuk kemandirian anak dengan cara mengajarkan anak untuk memutuskan pilihannya, mengajarkan anak untuk bertanggung jawab, mengajarkan anak untuk percaya diri dan mengembangkan bakat dan keterampilan yang dimilikinya. 2) Peran Pendidikan Keluarga dalam membentuk kemandirian pada anak di RT 02 RW III, Kelurahan Katerban, Kutoarjo Tahun 2015.