EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII MTs N BANTUL KOTA

Main Author: Avid Nur Huda, 11144100148
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/298/1/Artikel-Avid%20Nur%20Huda-P.%20Mat.PDF
http://repository.upy.ac.id/298/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dan kooperatif tipe teams Assisted Individualization (TAI) terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas VIII MTs N Bantul Kota tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan jenis penelitian Pretest Posttest Control Grup Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu instrumen pembelajaran dan instrumen pengumpulan data. Instrumen pembelajaran terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS), instrumen pengumpulan data terdiri dari tes (petest dan posttest) dan lebar observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) dan kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II, nilai pretest kedua kelas berdistribusi normal, variansi kedua kelas homogen dan nilai ratarata pretest yang sama. Posttest dilakukan setelah kedua kelas diberikan perlakuan. Keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen 1 pada pertemuan 1 berturut-turut sebesar 94,12% dan 94,75%, pada pertemuan 2 berturut-turut sebesar 100% dan 100%. Keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen 2 pada pertemuan 1 berturut-turut sebesar 100% dan 94,73%, kemudian pada pertemuan 2 berturut-turut sebesar 100% dan 100%. Nilai posttest kedua kelas berdistribusi normal dan variansi kedua kelas homogen. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 1 mencapai 74,48 dengan