UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING PADA KELAS X K 3 SMK N 1 KASIHAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: Pratiwi Mustikaningrum, 11144300081
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
dll
Online Access: http://repository.upy.ac.id/291/1/Artikel%20Pratiwi%20Mustikaningrum.pdf
http://repository.upy.ac.id/291/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi pokok sistem politik di Indonesia dengan metode pembelajaran brainstorming. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Kasihan pada tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X K3 SMK N 1 Kasihan semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Objek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan dengan metode brainstorming pada pokok pembahasan sistem politik di Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi keaktifan siswa, tes hasil belajar, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dua jenis, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan kewarganegaran di kelas X K3 SMK N 1 Kasihan dengan metode pembelajaran brainstorming dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Dari hasil observasi keaktifan belajar siswa pada tahap pra siklus 60% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 70,45% dan meningkat menjadi 79,55% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa pada tahap pra siklus 64,14%, kemudian siklus I 79,59%, dan siklus II 87,09%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran brainstorming dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.