UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VII A SMP N 3 SENTOLO
Main Author: | Estiningsih, 11144100179 |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/254/1/ARTIKEL%20ESTININGSIH.pdf http://repository.upy.ac.id/254/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa sebagai ranah kognitif melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT) pada siswa kelas VII A SMP N 3 Sentolo tahun ajaran 2015 pada materi keliling dan luas segiempat. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A SMP N 3 Sentolo pada semester 2 tahun ajaran 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus ada empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 3 Sentolo tahun ajaran 2015 yang terdiri dari 32 siswa. Obyek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT) pada pokok bahasan bangun datar. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar wawancara, lembar observasi, catatan lapangan, angket dan tes. Analisis data dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII A dalam materi keliling dan luas segiempat mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT). Motivasi belajar siswa pada kategori tinggi meningkat dari 49,43 pada tahap pra siklus menjadi 73,67 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 90,68 pada siklus II, (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari ketuntasan 28,13% dengan nilai rata-rata 45,56 pada tahap pra siklus menjadi 71,86% dengan nilai rata-rata 78,13 pada siklus I, dan meningkat dengan ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata 93,43 pada siklus II.