ANALISIS PENGARUH HARGA, PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DI GULUREJO LENDAH KULON PROGO

Main Author: ANINDYA DWI SEPTIANA, 11133200031
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/237/1/Artikel%20Anindya%20Dwi%20Septiana%20%2811133200031%29.pdf
http://repository.upy.ac.id/237/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, produk dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Industri Batik di Desa Gulurejo Lendah Kulon Progo. Dimana variabel independen yaitu, harga (x1), produk (x2) dan promosi (x3) mempengaruhi keputusan pembelian (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Batik di Desa Gulurejo. Sampel diambil sebanyak 89 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling, yaitu peneliti langsung mengumpulkan data dari unit sampel yang ditemuinya. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner dan wawancara. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Berganda, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi : Y = 5,872 + 0,241X1 + 0,292X2 + 0,158X3 + 1,848, Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Secara individual, variabel yang memiliki pengaruh paling besar adalah variabel produk dengan koefisien regresi sebesar 0,292, diikuti oleh variabel harga dengan koefisien regresi 0.241 dan variabel promosi dengan koefisien regresi 0,158. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel harga, produk dan promosi terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen (keputusan pembelian). Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variable independen layak untuk menguji variabel dependen keputusan pembelian. Angka Adjusted R Square sebesar 0,343 (34,3%) menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel harga, produk dan promosi, sedangkan sisanya sebesar 65,7 % dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang digunakan dlam penelitian ini.