PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MODEL ROLE-PLAYING PADA KOMPETENSI DASAR MEMPRAKTIKKAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN INTEGRITAS DIRI SISWA KELAS XII SMA JURUSAN IPS

Main Authors: Natalina Premastuti Brataningrum, Fakultas Bisnis, Universitas PGRI Yogyakarta, Victor Novianto, Pasca Sarjana, Universitas PGRI Yogyakarta
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/2195/1/LAP-AKHIR-PENELITIAN.pdf
http://repository.upy.ac.id/2195/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa desain pembelajaran model role-playing yang efektif untuk pembelajaran pada kompetensi dasar mempraktikkan siklus akuntansi perusahaan jasa untuk siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian dilakukan berdasarkan Model ADDIE. Desain produk yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli pendidikan karakter. Produk diujicobakan kepada siswa-siswa baik kelompok kecil maupun kelompok besar. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah kuesioner dan wawancara. Hasil validasi dari para ahli dan hasil ujicoba kepada siswa-siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan sangat baik. Artinya, desain model role-playing untuk pembelajaran pada kompetensi dasar mempraktikkan siklus akuntansi perusahaan jasa untuk siswa kelas XII SMA layak untuk diimplementasikan dalam praktik pembelajaran.