UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH DEMANGREJO SENTOLO TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: Riza Syarifudin, 11144600121
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/214/1/Jurnal%20%20Risa%20Syarifudin%20%2811144600121%29.pdf
http://repository.upy.ac.id/214/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar IPS melalui metode Problem Solving pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Demangrejo Sentolo tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart (Wijaya Kusuma, 2010:21) yang terdiri dari 4 putaran yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Demangrejo Sentolo sejumlah 19 siswa yang terdiri dari 7 siswa putra dan 12 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes prestasi, catatan lapangan, instrumen penelitian, Teknik analisis data yang digunakan adalah nilai rata-rata siswa dan persentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS melalui penerapan metode Problem Solving pada materi membaca peta dengan skala sederhana dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Demangrejo Sentolo. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari 69 (saat pra siklus) menjadi 73 (saat siklus I) dan meningkat kembali menjadi 78 (saat siklus II). Peningkatan rata-rata nilai siswa tersebut telah mencapai KKM pelajaran IPS yang ditentukan yaitu ≥ 75. Untuk persentase ketuntasan belajar terjadi peningkatan dari 32%(saat Pra siklus) menjadi 53% (saat siklus I) dan meningkat kembali menjadi 89% (saat siklus II). Peningkatan perentase ketuntasan nilai tersebut telah mencapai persentase ketuntasan yaitu 75% yang ditetapkan SD Muhammadiyah Demangrejo Sentolo.