HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-KECAMATAN SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | Dewi Hastarini, 11144600101 |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/208/1/Artikel%20Dewi%20Hastarini.pdf http://repository.upy.ac.id/208/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar, hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa, dan hubungan gaya belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Seyegan Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan di SD Se-Kecamatan Seyegan Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Seyegan Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 625 siswa dan sampel penelitian yang berjumlah 205 siswa dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Seyegan Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan diperoleh rhitung=0,334, dengan p=0,000, ttabel=0,137, maka rhitung> rtabel dan p<0,05 artinya semakin baik gaya belajar, semakin tinggi pula prestasi belajar, demikian juga sebaliknya semakin rendah gaya belajar maka semakin rendah prestasi belajar. (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Seyegan Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan diperoleh rhitung=0,249, dengan p=0,000, ttabel=0,137, maka thitung>ttabel dan p<0,05, artinya semakin tinggi minat baca maka semakin tinggi prestasi belajar. (3) ada hubungan yang positif dan signifikan gaya belajar dan minat baca dengan prestasi belajar siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Seyegan Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan diperoleh Fhitung=17,265, Ftabel=3,04, dimana Fhitung>Ftabel, p<0,05, artinya semakin baik gaya belajar dan semakin tinggi minat baca maka semakin tinggi prestasi belajar.