UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP SISWA KELAS VIII E TAHUN AJARAN 2015/ 2016 DI SMP N 1 NANGGULAN
Main Author: | Rina Kurniawati, 11144100095 |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/203/1/ARTIKEL%20RINA%20KURNIAWATI%20%2811144100095%29.pdf http://repository.upy.ac.id/203/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Nanggulan tahun ajaran 2015/2016 pada materi relasi dan fungsi dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Nanggulan pada bulan Agustus-September 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran matematika SMP Negeri 1 Nanggulan dan siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Nanggulan semester gasal tahun ajaran 2015/2016. Objek penelitian adalah proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana siklus pertama terdiri dari 3 pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, catatan lapangan dan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk data kualitatif adalah reduksi data, triangulasi, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan untuk data kuantitatif digunakan analisis data hasil observasi, analisis butir soal, analisis data angket minat. Penelitian ini dilakukan dengan tingkat keterlaksanaan 67,26% (sedang) pada siklus I dan 75% (tinggi) pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Upaya yang dilakukan adalah dengan pembentukan kelompok belajar dan sistem penomoran untuk setiap anggota kelompok yang menuntut siswa berperan aktif selama pembelajaran. Upaya tersebut mampu meningkatkan minat dan hasil belajar matematika; (2) Meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran matematika. Rata-rata minat siswa sebelum dilaksanakan tindakan adalah sebesar 41,61% kategori rendah, dan mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 64,65% kategori sedang, dan semakin meningkat lagi setelah dilaksanakan siklus II yaitu menjadi sebesar 81,16% dengan kategori tinggi; (3) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan adalah sebesar 33,71 (sangat rendah) dengan ketuntasan 0%, dan mengalami peningkatan pada tes siklus I menjadi sebesar 44,19 (rendah) dengan ketuntasan 9,68% dan mengalami banyak peningkatan pada tes yang kedua menjadi 75,74 (tinggi) dengan ketuntasan 83,87%.