PERAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMALB TUNAGRAHITA RINGAN SLB PGRI MINGGIR SLEMAN TAHUN 2015
Main Author: | GANIWATI, 11144200194 |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/198/1/Artikel%20Ganiwati%20%2811144200194%29.pdf http://repository.upy.ac.id/198/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMALB Tunagrahita Ringan SLB PGRI Minggir, Sleman tahun 2015. Populasi penelitian ini berjumlah siswa kelas XI SMALB Tunagrahita Ringan SLB PGRI Minggir, Sleman tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 5 siswa. Metode penentuan subyek adalah populasi. Metode dan teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : Peran bimbingan orang tua terhadap kesungguhan belajar anak di SLB PGRI Minggir, Sleman sangat penting. Dalam menumbuhkan semangat belajar bagi anak sehingga anak dapat melakukan kegiatan belajar dengan sungguh-sungguh sangat memerlukan motivasi dari orang tua. Untuk mewujudkan itu semua, yang tidak boleh ditinggalkan oleh orang tua bahwa orang tua harus bisa memahami keinginan dan kebutuhan belajar anak, sehingga motivasi yang diberikan akan bisa membangkitkan semangat anak dalam belajar karena motivasi yang diberikan tepat sasaran. Seperti anak ingin belajar dalam suasana yang sunyi atau sambil nonton TV, kebutuhan belajar yang lengkap, atau juga keinginan anak untuk didampingi dalam belajar atau ingin belajar sendiri. Semua itu harus bisa dipahami oleh orang tua agar anak bisa belajar dengan sungguh-sungguh.