EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP BAGI REMAJA PUTUS SEKOLAH DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) MANDIRI GAMPING SLEMAN

Main Author: Syahria Anggita Sakti, PAUD Universitas PGRI Yogyakarta
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1824/1/SAKTI.pdf
http://repository.upy.ac.id/1824/
Daftar Isi:
  • Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengungkap keberhasilan pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup (life skill) dengan mengetahui: 1) Kesesuaian program pendidikan kecakapan hidup yang diselenggarakan dengan need assessment warga belajarnya. 2) Persiapan PKBM dalam melaksanakan program.3) Pelaksanaan program sehingga mampu memberikan dampak positif bagi warga belajarnya. 4) Manfaat dan hasil yang diperoleh warga belajar serta warga masyarakat setempat. Penelitian inimenggunakan pendekatan evaluasi program model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi,dan observasi serta dianalisis berdasarkan model analisa interaktif yang dikembangkan oleh Milles & Huberman (2007) yang meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup yang dilaksanakan oleh PKBM sudah sesuai dengan kebutuhan warga belajarnya karena berdasarkan hasil need assessment. (2) Persiapan dalam program ini sudah cukup baik yakni dimulai dengan proses penjaringan warga belajar, need assessment, dan sosialisasi program. (3) Pelaksanaan program ini berjalan baik dengan melibatkan instruktur dan juga mitra kerja yang memiliki kualifikasi di bidangnya. (4) Peserta program mendapat keterampilan kerja baru yang mendorong semangat berwirausaha. Dampak dari program ini lebih dirasakan pada sisi ekonomi, sosial, dan psikolgis warga belajarnya.