PERAN POLA ASUH AUTORITATIF ORANG TUA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KONSEP DIRI TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 2 GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Main Author: Titik Mulat Widyastuti, PAUD Universitas PGRI Yogyakarta
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1823/1/Titik%20Mulat%20W.pdf
http://repository.upy.ac.id/1823/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran antara persepsi pola asuh autoritatif orangtua, komunikasi interpersonal dan konsep diri secara parsial dan bersama-sama terhadap penyesuaian sosial. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SMPN 2 Gamping sejumlah 50 siswa.Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada peran positif dan signifikan antara persepsi pola asuh autoritatif orangtua, komunikasi interpersonal dan konsep diri secara parsial maupun bersama-sama dengan penyesuaian sosial siswa di sekolah. Besarnya sumbangan efektif pola asuh autoritatif orangtua, komunikasi interpersonal, dan konsep diri terhadap penyesuaian sosial siswa di sekolah secara bersama–sama sebesar 46,3%, dimana pola asuh autoritatif orangtua sebesar 24,8 %, komunikasi interpersonal sebesar 13,9%, konsep diri sebesar 7,5% dan sisanya sebesar 53,8% dipengaruhi variabel lain di luar variabel penelitian.