Analisis High Order Thinking Skills Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematik
Main Authors: | Dhita Murti Santari, UPY, Sri Ningsih, UPY, Padrul Jana, UPY |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/1818/1/HOTS.pdf http://repository.upy.ac.id/1818/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal tipe high order thinking skills oleh mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2015. Penelitian ini mengambil objek mahasiswa kelas 6A1 pendidikan matematika Universitas PGRI Yogyakarta, dimana pada akhirnya hanya diambil sampel sebanyak 6 mahasiswa saja. Enam mahasiswa tersebut terdiri dari 2 mahasiswa berkemampuan tinggi, 2 mahasiswa berkemampuan sedang, dan 2 mahasiswa berkemampuan rendah. Penetuan kriteria kemampuan tinggi, rendah, dan sedang dilihat dari kemampuan awal matematika siswa yaitu dengan meranking IP yang diperoleh oleh masing-masing mahasiswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan teknik tes tertulis yang memuat soal limit tingkat HOTS serta dengan wawancara kepada mahasiswa yang mengikuti tes tersebut. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada mater limit fungsi trigonometri, serta teknik analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1 mahasiswa berkemampuan tinggi memenuhi 3 indikator HOTS, sedangkan 1 lainnya hanya memenuhi 2 indikator saja. Di kategori sedang dan rendah diperoleh hasil yang sama yaitu mahasiswa memenuhi 2 indikator HOTS, namun yang membedakan dua kategori tersebut adalah di kategori sedang mahasiswa mampu menuliskan 4 sampai 5 langkah penyelesaian, sedangkan di kategori rendah mahasiswa mampu menuliskan 2 sampai 3 langkah penyelesaian.