Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesikan Soal Program Linear dengan Menerapkan Teori Polya Ditinjau dari Perbedaan Gender

Main Authors: Nurul Fathonah, UPY, Ratna Juwita, UPY, Padrul Jana, UPY
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1817/1/Teori%20Polya.pdf
http://repository.upy.ac.id/1817/
Daftar Isi:
  • Kajian Matematika SMA merupakan salah satu mata kuliah yang sangat penting untuk mahasiswa. Karena dengan mempelajari lebih dalam materi tersebut, mahasiswa akan mempunyai bekal untuk mengajar siswa SMA nantinya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan sampel yang diambil yaitu 10 mahasiswa yang terdiri dari 5 mahasiswa laki-laki dan 5 mahasiswa perempuan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui letak kesalahan antara mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan dalam menyelesaikan soal cerita atau permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dengan menerapkan teori Polya yang terdiri dari beberapa langkah. Sesuai dengan teori Polya, langkah-langkah tersebut diantaranya: 1) memahami masalah pada langkah, 2) membuat rencana untuk menyelesaikan masalah, 3) menyelesaikan rencana berdasarkan rencana, 4) melihat kembali tahap. Manfaat penelitian ini yaitu setelah mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh peneliti, diharapkan kesalahan tersebut dapat diatasi oleh peneliti selanjutnya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan cara purposive sampling berdasarkan hasil tes soal uraian dan analisis data yang digunakan berupa statistic deskriptif.