EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION(TAI) PADA PEMAHAMAN KONSEP STATISTIKA I

Main Author: Koryna Aviory, Prodi Matematika UPY
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
dll
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1816/1/koryna.pdf
http://repository.upy.ac.id/1816/
Daftar Isi:
  • aan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TAI pada pemahaman konsep. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik semester II Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) di Surakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik dari STMIK Sinar Nusantara, AMIKOM, dan STMIK Duta Bangsa, masing-masing terdiri dari satu kelas sebagai kelas eksperimen satu (STAD) dan satu kelas sebagai kelas eksperimen dua (TAI). Jumlah seluruh anggota sampel adalah 235 peserta didik.Teknik analisis data menggunakan uji statistik dengan taraf signifikansi α = 5 %.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TAI memberikan efek yang berbeda pada pemahaman konsep. Ditinjau dari rerataternyata peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD memperoleh rerata 74,59, sedangkan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TAI memperoleh rerata 67,51. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan rataan skor pemahaman konsep yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI.