Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter siswa kelas V di SDN Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo, mengetahui karakter yang terbentuk pada siswa kelas V SDN Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo, dan mengetahui faktor penghambat dalam membentuk karakter siswa kelas V di SDN Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Juni 2017 di SDN Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas V, kepala sekolah, dan siswa kelas V di SDN Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan menggunakan sumber data yang beragam seperti sumber data yang berasal dari guru kelas, kepala sekolah, dan siswa. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu menggunakan berbagai teknik dalam pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa guru berperan sebagai penyayang, model, dan mentor dalam membentuk karakter siswa. Sebagai penyayang, guru juga berperan sebagai pembimbing dan motivator.