PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 MUNTILAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TAHUN AJARAN 2016 / 2017

Main Author: ARIS HARYANTO, 14155140038
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
dll
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1779/1/ARTIKEL%20ariss.pdf
http://repository.upy.ac.id/1779/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan keaktifan siswa melalui model pembelajaran make a match pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Muntilan Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran make a match pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Muntilan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Muntilan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX C yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa khususnya pada siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Muntilan, dibuktikan pada pra siklus siswa yang mempunyai keaktifan belajar dengan kategori minimal baik mencapai 36,67% meningkat pada siklus I 60% dan pada siklus II 83.33%. 2) Penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Muntilan, hal tersebut dapat dilihat pada ketuntasan belajar siswa, pada pra siklus siswa yang mencapai nilai KKM 12 siswa (40%), meningkat pada siklus I 15 siswa (50%) dan pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa (86.67%).