PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PROSOSIAL SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: ASSYFAH RAHMA DHINI, 13144200122
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1729/1/ARTIKEL.pdf
http://repository.upy.ac.id/1729/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan sikap prososial siswa kelas VII C SMP Negeri 15 Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII C SMP Negeri 15 Yogyakarta sebanyak 35 siswa. Subjek penelitian dipilih bagi siswa yang memiliki sikap prososial cenderung rendah yang nantinya akan diberikan perlakuan (treatment) sejumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik uji paired t-test. Hasil analisis uji-t = 13,215 dengan nilai p = 0,000 berarti p < 0,05 terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Perbedaan tersebut menunjukkan adanya peningkatan skor sikap prososial sebelum dan sesudah diberikannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Dengan begitu pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatan sikap prososial siswa kelas VII C SMP Negeri 15 Yogyakarta. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu menjalankan program maupun layanannya dengan berbagai upaya dalam rangka meningkatan wawasan dan pemahaman siswa tentang sikap prososial. Peran penting guru dan sekolah dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan konseling dapat memberikan dukungan siswa dalam peningkatan sikap prososial siswa menjadi lebih baik.